Menjamur Yuk.. ^__^

Hai hai hai..Ketemu sama kita-kita lagi nih. Hehehe… πŸ˜€ Masih inget kan kemarin kita membahas tentang PBKL di SMAGA yg salah satu nya yaitu “Budidaya Jamur”. Nah disini kita mau posting tentang gimana proses budidaya jamur itu termasuk kegunaan nya, manfaat nya, dan blah-blah-blah seterus nya. πŸ˜€ Di SMAN 3 Kediri biasanya jamur yg akan di budidaya adalah jamur tiram dan jamur kuping karena penanaman juga perawatan nya yg mudah dan juga lumayan cepet. Tapi, kebanyakan yang jamur tiram, jadi kita disini akan ngebahas tentang budidaya jamur tiram. Seperti tampak pada gambar berikut ini.

Oke, langsung kita mulai aja, CEKIDOT….

ASYIKNYA BUDIDAYA JAMUR TIRAM YANG BERGIZI
Jamur merupakan salah satu tumbuhan tingkat rendah yang tidak berklorofil, namun memiliki potensi bisnis cukup besar. Tumbuhan ini umumnya bersifat sebagai saprofit atau parasit untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Sebagai saprofit, jamur hidup pada sisa makhluk hidup yang telah mati, seperti di tumpukan sampah organik, tumbuhan, atau kotoran hewan. Sedangkan sebagai parasit, jamur hidup menempel pada organisme lain dan biasanya merugikan media yang ditempelinya.
Pada dasarnya jamur bisa tumbuh di berbagai tempat, namun sebagian besar jamur akan tumbuh subur bila berada di daerah yang lembab dan bersuhu dingin. Reproduksi jamur dilakukan dengan dua cara, yaitu secara vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan vegetatif biasanya dilakukan dengan membentuk spora, membelah diri, serta pembentukan kuncup. Sementara perkembangbiakan generatif dilakukan melalui pembentukan spora askus, konjugasi, dan menggunakan hifa yang akan menghasilkan zigospora.
Jamur juga merupakan sumber vitamin antara lain thiamin, niacin, biotin dan asam askorbat. Vitamin A dan D jarang ditemukan pada jamur, namun dalam jamur tiram putih terdapat ergosterol yang merupakan prekursor vitamin D. Jamur umumnya kaya akan mineral terutama phosphor, mineral lain yang dikandung di antaranya kalsium dan zat besi.
JAMUR TIRAM (Pleurotus sp) atau yang lebih dikenal dengan sebutan oyster mushroom memiliki bentuk tubuh yang menyerupai cangkang kerang atau tiram dengan bagian tepi yang bergelombang. Jenis jamur ini cukup mudah untuk dibudidayakan, sehingga banyak digemari para konsumen maupun pelaku usaha.
Menekuni bisnis budidaya jamur tiram memang sangat menguntungkan. Tingginya permintaan pasar dan mudahnya proses budidaya jamur tiram menjadi salah satu alasan mengapa jenis jamur ini lebih sering dibudidayakan masyarakat dibandingkan jenis jamur lainnya. Meskipun begitu, sampai hari ini ada sebuah kendala yang sering dihadapi para pemula dalam menjalankan bisnis budidaya jamur tiram. Yaitu faktor pemilihan lokasi budidaya yang sesuai dengan habitat hidup jamur tersebut.

CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DAERAH PANAS
Pertama:
Langkah mudah yang bisa Anda coba yaitu membuat bangunan kumbung jamur dengan sistem sirkulasi buka tutup. Yang dimaksud buka tutup disini adalah menutup sirkulasi kumbung jamur di siang hari agar kelembapan di dalamnya tetap terjaga, dan membukanya pada malam hari sehingga suhu ruangan di dalam kumbung jamur bisa lebih dingin.
Kedua :
Gunakan bahan atap yang tidak menyerap panas. Hal ini penting agar intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kumbung jamur tidak berlebihan. Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan sebagai atap kumbung jamur antara lain anyaman bambu, atau genteng.
Ketiga :
Faktor kelembapan merupakan syarat utama yang harus terpenuhi dalam budidaya jamur tiram, sebab kelembapan udara sangat berpengaruh pada pertumbuhan jamur. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meletakkan beberapa tong/wadah air di dalam kumbung jamur untuk meningkatkan kelembapan ruangan.
Keempat :
Karena lokasi budidaya jamur berada di daerah panas, maka usahakan untuk membuat bangunan kumbung di tempat yang teduh atau dekat dengan pepohonan. Selain itu hindari pula pembuatan pintu kumbung yang berada di arah matahari terbit atau terbenam, hal ini dilakukan untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke ruangan kumbung.
Kelima :
Lindungi sekitar lokasi kumbung dari sinar matahari langsung yang terlalu menyengat. Anda bisa melakukannya dengan cara menanam banyak pohon rindang (perdu) disekeliling kumbung jamur.
Keenam :
Untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam kumbung jamur tiram, usahakan tinggi bangunan kumbung dibuat lebih tinggi atau tidak kurang dari 4 meter.
Ketujuh :
Perhatikan rak penyimpanan baglog jamur yang dibuat. Bila di daerah dingin rak yang dibuat pada kumbung jamur bisa mencapai 5 tingkat, pastikan rak yang dibuat di daerah panas tidak lebih dari 3 tingkat.
Kedelapan :
Karena lokasi kumbung jamur berada di daerah panas, maka sebisa mungkin lakukan penyiraman lebih sering dibandingkan di daerah pegunungan. Penyiraman baglog jamur bisa Anda lakukan minimal 3 kali dalam sehari.

Nah, udah tau kan sekarang gimana budidaya jamur tiram itu. Gampang, mudah, murah, dan juga menguntungkan. Ngga rugi kok bisnis jamur. Modal sedikit, tapo omset nya bisa berkali-kali lipat. So, tunggu apa lagi. Ayo tanam jamur. Solusi kreativ nan inofatif untuk para pemuda generasi penerus bangsa.

PBKL at SMAGA

Hai hai.. Ketemu lagi nih. πŸ˜€ Masih belum bosen kan. Kalau kemarin kita nge post tentang “Si Lidah Mertua”, yang sekarang ini keren loh. Yup, topik yang akan kita angkat kali ini tentang PBKL terutama yang ada di SMAGA, sekolah kami. :D. Tapi, pada tau ngga sih apa PBKL itu ? Ada yang ngga tau, kita jelasin deh. PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal) adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi daerah melalui pemanfaatan sumber daya alam serta SDM, untuk mengembangkan potensi peserta didik, khususnya melalui pengembangan kecapakan hidup (life skill). Dan jaman sekarang ini uda banyak loh sekolah-sekolah terutama yang tingkat SMA ada PBKL nya. Salah satu nya SMAN 3 Kediri. PBKL mencakup aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain. Sumber lain mengatakan bahwa Keunggulan lokal adalah hasil bumi, kreasi seni, tradisi, budaya, pelayanan, jasa, sumber daya alam, sumber daya manusia atau lainnya yang menjadi keunggulan suatu daerah. Karena di SMAN 3 Kediri PBKL nya bercirikan pembelajaran kecakapan hidup (life skill), maka yang di usung yaitu :
1. Mengelola industri rumah tangga berwawasan lingkungan dan teknologi tepat guna melalui bidang pertanian lahan sempit (jamur)
2. Daur ulang sampah (kertas,kompos)
3. Seni budaya (desain kemasan dan grafis) dan,
4. Pemasaran serta media komunikasi elektronik ( Brodcasting ).

Implementasi PBKL
1. Melalui Integrasi :
Integrasi ke dalam mata pelajaran Biologi, Kimia, Fisika meliputi tema PBKL :
-. Budi daya jamur kayu
-. Daur ulang limbah/ sampah organik (kompos)
-. Daur ulang limbah kertas
Integrasi ke dalam mata pelajaran Seni budaya/ Seni rupa untuk tema PBKL : Desain kemasan dan desain grafis.
2. Melalui Muatan Lokal (Mulok) :
-. Broadcasting
-. Pemasaran produk
3. Melalui Mata Pelajaran Ekonomi : Manajemen Pemasaran
4. Melalui Pengembangan Diri :
Program pengembangan diri dilaksanakan pada program ekstrakurikuler (Ekskul) ditujukan untuk pembinaan minat bakat dan mengembangkan materi PBKL, meliputi ekskul :
-. Budidaya jamur
-. Pembuatan kompos
-. Desain kemasan dan grafis
-. Praktik pemasaran
-. Kepenyiaran (presenter/ MC/ host).

Manfaat dari PBKL :
Manfaat PBKL untuk sekolah diantaranya :
a. Terciptanya kebersamaan pada warga sekolah karena memiliki komitmen yang sama untuk mengusung β€œTema PBKL”
b. Terbentuknya iklim dan budaya sekolah yang ukup baik
c. Terwujudnya suasana belajar mengajar yang cukup kondusif
d. Memiliki nilai jual kepada masyarakat, dll.

Nah, udah tau kan PBKL itu apa. Mulai dari pengertian, sampai manfaat nya. Bagi temen-temen yang sekolah nya sudah ada PBKL nya, diharapkan untuk mendukung program ini. Karena apa ? Karena PBKL punya manfaat baik yang dapat membantu masa depan kita, anak-anak bangsa. So, tunggu apa lagi. πŸ˜€ Dan itulah sekilas tentang PBKL. Dan akan ada banyak lagi posting-posting yang bermanfaat dan menarik yang akan kita posting suatu saat nanti. Mungkin cukup segitu. Terimakasih dan ikuti terus blog kita untuk info-info menarik,unik, dan juga bermanfaat. Thank you and ENJOY IT. ^_^

Lidah Mertua..Si Penghias nan Berjasa

Hai hai hai..ketemu lagi nih sama kita. πŸ˜€ Kali ini,kita mau posting tulisan baru nih. Kita akan menulis tentang tumbuhan Sansevieria atau yang biasa kita kenal dengan nama Lidah Mertua,itu loh tumbuhan Pedang-pedangan. Yang daun nya panjang-panjang, warna hijau dengan pinggiran kekuning-kuningan dan bentuk mirip pedang, seperti gambar di bawah ini nih.

Ternyata tanaman yang sering kita gunakan sebagai tanaman hias ini ternyata punya segudang manfaat loh. Mau tau, cekidot.

Lidah Mertua

Siapa sih yang ngga kenal Lidah Mertua,tanaman yang bentuk nya mirip pedang-pedangan yang biasanya di gunakan sebagai tanaman hias. Ternyata, Lidah Mertua itu punya banyak manfaat loh. Dan berikut kegunaan dan fungsi nya:
1. Mampu mengurangi pencemaran udara karena mampu menyerap 107 jenis polutan atau zat polusi di daerah rawan polusi udara seperti daerah perkotaan.
2. Menyerap bahan beracun bahkan bisa ular. Jika teman-teman sedang mengadakan perjalanan ke hutan atau tempat manapun yang memungkinkan ada nya ular, bawalah sepotong daun Lidah Mertua. Bila tergigit dan terkena bisanya, tempelkan Lidah Mertua pada luka gigitan nya, dan tumbuhan Lidah Mertua mampu menyerap bisa racun nya.
3. Merangsang pertumbuhan rambut. Yaitu pada bagian akarnya, Dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik.
4. Mencegah diabetes, bila di rebus sebagai obat diabetes.
5. Sebagai bahan pembuat obat. Daun nya bila di bakar dapat menyembuhkan sakit kepala. Getah nya dapat igunakan sebagai obat antiseptik.
6. Mampu menyerap radiasi barang-barang elektronik. Jika tanaman Lidah Mertua di letakkan didekat barang-barang elektronik seperti komputer, TV, dan Laptop. Radiasi yang dihasilkan dari barang tersebut akan terserap oleh tanaman Lidah Mertua. Jika potongan dari Lidah Mertua di tempelkan pada HP, maka radiasi yang dihasilkan dari HP pun juga akan di serap oleh potongan daun Lidah Mertua.
7. Sebagai penyegar udara dalam ruangan. Karena selalu mengeluarkan zat O2 tanpa menghasilkan zat CO2 sehingga cocok di taruh didalam ruangan.
8. Sebagai Tanaman hias. Tanaman ini juga mampu menjadi hiasan dan mempercantik halaman maupun rumah anda.
9. Sebagai aroma terapi. Tanaman ini menghasilkan wewangian saat sore hari terlebih ketika berbunga.
10. Sebagai bahan pembuat Parfum. Lidah mertua digunakan sebagai bahan parfum di beberapa negara maju.
11. Mampu menjadi solusi untuk penghijauan.
12. Negara Jepang telah memanfaatkan serat tanamannya sebagai bahan pembuat kain dan kreasi anyaman juga digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Selain punya segudang manfaat dan kegunaan, ternyata perawatan nya pun juga mudah dan murah. Tanaman ini bisa hidup dengan paparan sinar matahari maupun di dalam ruangan. Tapi bila ingin di simpan dalam ruangan, jangan lupa dijemur seminggu sekali agar tanaman tetap segar. Penyiraman hanya perlu dilakukan 1-2 kali seminggu. Terlalu sering menyiram justru akan membuat tanaman ini di hinggapi bakteri. Ketika menanam juga pilih media tanam (tanah, sekam bakar, pasir malang dan pakis). Pemupukan lidah mertua biasanya menggunakan pupuk yang tingkat penguraiannya lambat seperti(osmocote, dekastar dan megamp).
Nah, sekarang udah tau kan Lidah Mertua itu. Uda punya banyak manfaat, cara perawatan nya pun juga gampang bin mudah. So, tunggu apalagi. Ayo tanam Lidah Mertua sekarang.

Dan itulah sekilas tentang si Lidah Mertua. Dan akan ada banyak lagi posting-posting yang bermanfaat dan menarik yang akan kita posting suatu saat nanti. Mungkin cukup segitu. Terimakasih dan ikuti terus blog kita untuk info-info menarik,unik, dan juga bermanfaat. Thank you and ENJOY IT. ^_^

Perkenalan

Perkenalan,suatu kegiatan yg biasa di lakukan oleh sesama manusia untuk saling mengenal dan saling mengetahui.Begitu juga dengan ku, dengan ada nya blog ini pun juga aku akan memperkenalkan diri pada reader semua. Blog ini sebenarnya bukan lah milik ku semata. Ini adalah blog yang di rancang oleh kelompok yang terdiri dari 2 orang yang bertujuan untuk memenuhi tugas sekolah. Tapi blog ini tidak hanya menampilkan tugas” sekolah saja, tapi juga akan memposting info” menarik yang dapat di baca oleh para reader. Dan di mulailah perkenalan kita.. πŸ˜€
Nama ku adalah Prajna Pramita Khodijah,biasa di panggil Mitha, seorang siswi di SMAN 3 Kediri dan berkelas di XI-IS 3. Rekan ku nama nya Geovenda Mareta N. atau biasa dipanggil Geo. Dia pun juga sama dengan ku. Blog ini kami buat memenuhi tugas salah satu mata pelajarn yaitu TIK. Ngga salah memang,sesuai dengan pelajaran nya yang menyangkut tentang teknologi πŸ˜€
Dan mungkin cukup segitu perkenalan nya.. Terimakasih dan ENJOY IT ^_^